Judul : Ilmu Pendidikan Islam
Penulis : Muhammad Muntahibun Nafis, M. Ag
Penerbit : Teras
Tahun Terbit :
2011
Tebal
Buku : 174 halaman
Harga : Rp. 29.750,00
Buku ini ditulis oleh Muhammad Muntahibun Nafis, M. Ag. Dalam buku ini penulis menjelaskan tentang pendidikan adalah proses penanaman sesuatu ke dalam diri manusia.
Ada tiga hal unsur pokok pembentuk pendidikan yaitu: proses, kandungan, dan penerima.
Sedangkan pendidikan Islam dalam pandangan yang sebenarnya adalah suatu sistem
pendidikan yang memungkinkan seseorang dapat mengarahkan kehidupannya sesuai
dengan ideologi Islam. Pendidikan Islam juga dilandaskan atas ideologi Islam,
dengan harapan bahwa proses pendidikan yang dilakukan tidak bertentangan dengan
nilai dasar ajaran islam.
Islam yang memiliki sifat universal dan kosmopolit dapat merambah ke ranah
kehidupan apapun, termasuk dalam ranah pendidikan. Ketika Islam dijadikan
sebagai paradigma ilmu pendidikan paling tidak berpijak pada tiga alasan. Pertama,
ilmu pendidikan sebagai ilmu humaniora tergolong ilmu normatif, karena ia
terkait oleh norma-norma tertentu. Pada taraf ini, nilai-nilai Islam sangat
berkompeten untuk dijadikan norma dalam ilmu pendidikan. Kedua, dalam
menganalisis masalah pendidikan, para ahli selama ini cenderung mengambil
teori-teori dan falsafah pendidikan Barat. Falsafah pendidikan Barat lebih
bercorak sekuler yang memisahkan berbagai dimensi kehidupan, sedangkan masyarakat
Indonesia lebih bersifat religius. Atas dasar itu, nilai-nilai ideal Islam
sangat memungkinkan untuk dijadikan acuan dalam mengkaji fenomena kependidikan.
Ketiga, dengan menjadikan Islam sebagai paradigma, maka keberadan ilmu
pendidikan memilih ruh yang dapat menggerakkan kehidupan spiritual dan
kehidupan yang hakiki. Tanpa ruh ini berarti pendidikan telah kehilangan
ideologinya.
Dasar pendidikan Islam identik dengan dasar ajaran Islam itu sendiri. Keduanya
berasal dari sumber yang sama yaitu Al-Qur’an dan Hadist. Kemudian dasar
tersebut dikembangkan dalam pemahaman para ulama’ dan sebagainya.
Buku ini membahas
tentang ilmu pendidikan Islam yang disajikan dalam lima bab sehingga memudahkan
pembaca untuk memahami isi dari buku ini. Penulis buku ini memasukkan berbagai
analisis tentang pendidikan Islam, misalnya Syed Muhammad Al-Nuquib Al-Attas,
Muhammad SA. Ibrahim, H.M. Arifin, dan lain lain. Setiap pembahasan dalam buku
ini juga diperkuat dengan adanya dalil serta juga terdapat beberapa firman
Allah.
Sangat
disayangkan, dalam penulisan buku ini terdapat beberapa kesalahan dalam
penulisannya. Terdapat juga istilah istilah tertentu yang sulit dipahami.
Namun, disamping kekurangan pada buku ini penulis banyak memberikan pengetahuan
kepada kita tentang apa itu pendidikan Islam.
Di balik
kekurangan buku ini, kita mendapatkan sedikit pengetahuan tentang ilmu
pendidikan islam. Disamping itu buku ini cocok bagi mahasiswa karena buku ini
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku serta kebutuhan materi yang akan
dipelajari oleh mahasiswa sebagai kompetensi yang dipenuhi dalam matakuliah
ini.
0 komentar:
Posting Komentar